Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Telah Meninggal

16:07

Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Telah Meninggal


Assalamu`alaikum

Ini adalah kali pertama saya membuat artikel islami, walaupun menyimpang dari tema blog saya berkahnyasholawat. tapi gak apa apa lah saya ingin berbagi juga apa yang saya ketahui. semoga artikel islami ini dan artikel lain nanti bisa bermanfaat, Amiin.

Cara anak berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia.

Mari kita simak dari hadist dibawah ini:

بَيْنَا نَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا جَاءَهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِى سَلِمَةَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ بَقِىَ مِنْ بِرِّ أَبَوَىَّ شَىْءٌ أَبَرُّهُمَا بِهِ بَعْدَ مَوْتِهِمَا قَالَ « نَعَمِ الصَّلاَةُ عَلَيْهِمَا وَالاِسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِى لاَ تُوصَلُ إِلاَّ بِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا .
Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi r.a. berkata, ketika kami duduk di sisi Rasulullah SAW, tiba-tiba datang seseorang dari Bani Salimah, dia bertanya : `Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?` Nabi SAW menjawab: Iya, masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya: 1) menyalatkan keduanya, 2) meminta ampun untuk keduanya, 3) memenuhi janji (wasiat) mereka setelah meninggal dunia apabila mereka pernah berjanji, 4) menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang pernah dibina mereka dan 5) memuliakan (hormati) teman teman keduanya.(HR. Abu Daud )

Nah dari hadist diatas tsb terdapat 5 point untuk berbakti kepada orang tua yang telah meninggal, semoga bisa dilakukan.

kita dianjurkan untuk tetap berbakti kepada orang yang sudah meninggal dengan cara yang telah di ajarkan Nabi. Sebab, Ilmu dari orang tua, Tetesan Keringat, Yang telah membesarkan kita, bahkan darah orang tua kita semua ada dalam tubuh kita. Kalau orang tua kita masih hidup, jadi manfaatkanlah kesempatan berbakti padanya walau sesibuk apa pun kita.

Alhamdulillah Allah masih memberikan umur kepada orang tua saya, semoga umur beliau berdua di berikan berkah. amiin, mari berbakti kepada Orang Tua kita sebelum mereka tiada.

Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada salah.

Previous
Next Post »
0 Komentar