PENTING!! Ucapkanlah shalawat ketika Mendengar Nama Nabi Muhammad disebutkan

06:03

PENTING!! Ucapkanlah shalawat ketika Mendengar Nama Nabi Muhammad


Banyak orang tidak tau ketika mendengar Nama Nabi Muhammad disebutkan oleh orang lain, mereka tidak mengucapkan shalawat.

Alasannya mungkin tidak tau, saya sendiri pun baru tau ketika saya sekolah madrasah aliyah, ketika itu guru BP disekolah saya memberitahukan satu hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah R.A, beliau berkata Rasulullah SAW mengatakan;“ Orang yang kikir (engken/pelit ) adalah orang yang disebutkan namaku dihadapannya maka dia tidak bersalawat kepadaku.”

Naah dari situ saya tau pentingnya kita bershalawat ketika mendengar Nama Nabi Muhammad SAW.

Banyak hadist-hadist yang lain juga memerintahkan untuk bershalawat ketika mendengar Nama Nabi Muhammad SAW

Rasulullah SAW bersabda;"Sungguh rendah dan hina orang yang mendengar namaku disebut tetapi tidak mengucapkan shalawat kepadaku.". (H.R. Imam Tirmidzi)

Nabi SAW bersabda; "Siapa yang mendengar namaku disebut lalu ia tidak membaca shalawat untukku, maka ia akan salah jalan menuju surga". (yakni akan tersesat dari jalan surga),(H.R Imam At-Thabarani)

Masih banyak lagi hadist-hadist yang memerintahkan kita untuk bershalawat ketika mendengar Nama Beliau disebutkan.

Nah Alhamdulillah kita sudah tau kan, jadi mari biasakan diri kita dan beritahukan kepada orang lain yang belum mengetahui, untuk mengucapkan shalawat ketika mendengar Nama Beliau disebutkan, ucapannya shalawat nya itu banyak macamnya, tapi yang saya ketahui, kita bisa mengucapkan: Allahumma shalli wa sallim ‘alaih, Allahumma shalli wa sallim ‘ala Muhammad, dan Allahumma shalli wa sallim wa baarik alaih.

Semoga kita bisa mengamalkan ini sampai akhir hayat kita. amiin, mari di share ya sobat. semoga bermanfaat.

Mohon ampun maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan.

Previous
Next Post »

9 comments