SUBHANALLAH !! Tingginya Kedudukan Bagi Orang Yang Mau Bersedekah

18:17

SUBHANALLAH !! Tingginya Kedudukan Bagi Orang Yang Mau Bersedekah


Sedekah

Bismillahirrahmanirrahim,

Pastinya kita sudah tau apa itu yang namanya sedekah... 
Sedakah adalah amalan yang paling utama yang amat sangat dicintai oleh Allah SWT. dalam hal ini bisa ditunjukkan dalam hadist Ibnu Umar  R.A. yang diriwayatkan secara marfu' :

 “Amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah engkau memberikan rasa gembira kepada orang mukmin, meringankan bebannya, membayar hutangnya atau menghilangkan rasa laparnya.”


Tingginya kedudukan bagi orang yang mau bersedekah ini mencakup pula pelakunya. Orang yang mau mengeluarkan sedekah akan mendapatkan kedudukan utama, sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah SAW :

“Dunia diperuntukkan bagi empat golongan, yakni seorang hamba dikaruniai harta dan ilmu, sedangkan ia bertakwa kepada Robbnya berkenaan dengan ilmu dan hartanya, menyambung tali silaturahim dengannya dan menunaikan hak-haknya. Maka orang ini menempati kedudukan yang paling tinggi."


Dari Hadist diatas kita sudah mengetahui orang yang bersedekah itu punya kedudukan yang paling tinggi.  Selain itu pastinya kita pernah mendengar dari kata-kata "Tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah. " Sebagai mana dari sabda Rasulullah SAW :

“Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Tangan di atas adalah tangan yang memberi, sedangkan tangan di bawah adalah yang yang meminta.” (HR. Muslim)


Orang yang bersedekah adalah orang yang ringan tangan dalam memberikan sedekah. Bahkan ia ibarat ungkapan seseorang, “Menggadaikan rasa syukur dan memperbudak orang merdeka dengan sedekahnya.” Oleh karenanya, Ibnu As-Samak berkata, “Aku sangat takjub kepada seseorang yang membeli kerajaan dengan sejumlah harta, namun tidak mau membeli kebebasan dengan kebaikan.”


Semoga denganartikel ini membuat kita menjadi ringan tangan amiinn.
mohon maaf jika ada kesalahan.
Previous
Next Post »
0 Komentar