4 HAL PENTING Bagi Para PENUNTUT ILMU Mari BACA !!!!

00:13

INILAH 4 HAL PENTING BAGI PARA PENUNTUT ILMU  Oleh: al-'Allamah al-Faqih al-Habib Zein bin Ibrahim bin Smith

Penuntut Ilmu

Banyak hal-hal yang hendaknya dilakukan oleh para penuntut ilmu. Setidaknya ada empat hal perkara yang bisa diperhatikan sungguh-Sungguh oleh para penuntut ilmu:

Pertama

teruslah belajar, jangan sampai waktu belajar kita terputus. Khususnya bagi para da'i dan para guru. Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang telah dimiliki. Jangan pernah merasa 'alim ketika telah menguasai sesuatu ilmu.

Jangan pernah merasa pantas untuk berfatwa dan tidak mau hadir dalam majelis ilmu yang lain. Seseorang itu dikatakan 'alim jika ia mau belajar dari Orang yang lebih tinggi, sederajat dan orang yang lebih rendah ilmunya. Inilah yang diajarkan oleh junjungan kita Baginda Rasulullah saw.

Kedua

Berhati-hatilah dalam membicarakan sebuah permasalahan. Jangan sampai kita memutuskan suatu masalah dengan dasar yang tidak kuat, bahkan dengan dasar yang salah.

Ketiga

Menjalankan amanah dalam perkataan kita. Terutama dalam masalah ilmu. Karena ilmu adalah amanah, maka penting diketahui dari jalur mana kita mengambil sesuatu ilmu. Jangan sampai kita mengambil ilmu yang bukan dari ahlinya. Ambillah ilmu dari orang yang mengamalkan ilmunya. yang takut kepada Allah Swt, Jangan mengambil ilmu dari sembarang orang  dan di sembarang tempat,

Keempat

Jangan purnah lupa kepada guru-guru yang telah mengajarkan llmu kepada kita, baik mereka yang masih hidup ataupun yang telah menunggal dunia.

Diriwayatkan dari al- Imam Ahmad bin hambal ra, bahwasanya beliau ra selalu mendo'akan gurunya, al-Imam asy-Syafi'i ra. Sehingga hal itu Membuat anaknya bertanya Wahai ayah, mengapa engkau selalu mendo'akan al-Imam asy-Syafi'i?

‌Kemudian al Imam Ahmad ra menjawab: 'al-Imam asy-Syafi'i itu bagaikan matahari bagi alam ini dan seperti kesehatan bagi tubuh kita. 'Damikianlah yang dilakukan sama salafunasshalihin kita kepada para gurunya. dan ini merupakan diantara hal terpenting dalam kita menuntut ilmu. WAllahu a'lam…


Semoga  4 HAL PENTING BAGI PARA PENUNTUT ILMU yang disampaikan Habib Zein diatas tadi bisa bermanfaat khususnya  bagi para penuntut ilmu.



SUMBER Buku :Berada di Taman Surga Bersama Cucu Sang Nabi - Tim Pustaka Basma
allahumma Shalli 'Alaih 

Previous
Next Post »
0 Komentar